Home Berita Pilihan Agar Lebih Kompetitif, Kadin Usulkan Pemerintah Bentuk Badan Halal Indonesia

Agar Lebih Kompetitif, Kadin Usulkan Pemerintah Bentuk Badan Halal Indonesia

SHARE
Logo Halal
Logo Halal

Jakarta – Ketua Kamar Dagang dan industri Indonesia (Kadin), Rosan P. Roeslani, menyampaikan usulan kepada pemerintah untuk segera membentuk Badan Halal Indonesia. Badan tersebut akan diberi tugas mengembangkan pasar produk halal yang lebih luas dan kompetitif.

Selain itu, Badan Halal Indonesia diharapkan dapat membangun ekosistem halal secara keseluruhan. Jadi, tugasnya tidak hanya memberikan label halal seperti yang telah dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kalau melihat potensi yang dimiliki, sudah saatnya negara kita membentuk Badan Halal Indonesia untuk mengembangkan pasar syariah atau halal. Kalau sekarang kan masih terpecah-pecah, misalnya untuk wisata syariah dipegang Kementerian Pariwisata, produk ada di Kementerian Perdagangan, lalu perbankan ada di OJK, tidak ada satu badan pun yang mencoba membangun ekosistem ini,” kata Rosan, Senin (1/8) malam, dilansir Kompas.

Indonesia dikhawatirkan akan tertinggal dari negara-negara lain apabila tidak ada badan yang menangani pasar produk halal secara global. Usulan tersebut akan disampaikan ke pemerintah sebelum akhir 2016. Kadin aktif mengadakan Focus Grop Discussion (FGD) untuk membahas wacana Badan Halal Indonesia ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here