Home Berita Pilihan Mendikbud Baru Kaji Full Day School

Mendikbud Baru Kaji Full Day School

SHARE
Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengaku gagasan ‘Full Day School’ yang dilontarkannya baru dalam tahap kajian. Sistem belajar mengajar dengan konsep tersebut diakuinya masih perlu dipelajari dan dikaji lebih dalam.

Muhadjir yang baru dua pekan menjabat sebagai Mendikbud itu mengemukakan alasannya melontarkan wacana Full Day School. Menurutnya, sistem tersebut bisa memenuji pendidikan karakter di sekolah.

”Full Day School ini tidak berarti peserta didik belajar seharian penuh di sekolah, tetapi memastikan bahwa peserta didik dapat mengikuti kegiatan-kegiatan penanaman pendidikan karakter, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Saat ini sistem belajar tersebut masih dalam pengkajian lebih mendalam,” ujarnya, Selasa (9/8), dilansir Pikiran Rakyat.

Pihaknya akan mengkaji berbagai kemungkinan dan masukan dari masyarakat terkait Full Day School. Dia juga akan mempertimbangkan kondisi sosial dan geografis.

Muhadjir ingin mengusung kembali semangat awal Kemendikbud yaitu membangun budaya sekolah dengan suasana menyenangkan. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan menerapkan pembelajaran formal setengah hari dan sisanya diisi esktrakurikuler. Kegiatan tersebut dinilainya dapat membentuk karakter, kepribadian, dan mengembangkan potensi.

“Seperti itu maksud dari Full Day School,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here