Home Ekonomi Bisnis Rudiantara : Jack Ma Mampu Kenalkan E-commerce Indonesia Agar Dilirik Pasar Internasional

Rudiantara : Jack Ma Mampu Kenalkan E-commerce Indonesia Agar Dilirik Pasar Internasional

SHARE
Jack Ma (foto: Time)
Jack Ma (foto: Time)

Jakarta – Founder Alibaba, Jack Ma, diangkat menjadi penasihat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di bidang e-commerce. Kabar ini berembus pada Kamis (8/9) lalu. Ma akan ambil bagian dari steering committee Indonesia yang terdiri dari 10 menteri untuk mengembangkan industri e-commerce di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, buka suara soal dirinya yang mengajukan Jack Ma menjadi penasihat.

“Saya mengusulkan Jack Ma sebagai penasihat. Kita harus memperkenalkan e-commerce Indonesia agar dilirik internasional dengan harapan ada investor yang mau endorse produk-produk Indonesia,” ujar Rudiantara, dilansir CNN Indonesia.

Rudiantara bertemu dengan Jack Ma di Hangzhou, Tiongkok. Pertemuan tersebut membahas rencana pemberdayaan Unit Kecil Menengah (UKM) supaya bisa bersaing di baik di pasar Tiongkok maupun pasar global.

Selain Jack Ma dan beberapa menteri, ada tokoh nasional dan internasional yang akan dimasukkan ke komite pengarah e-commerce Indonesia tersebut. Rudiantara menargetkan komite tersebut dapat terbentuk tahun ini.

Membangun e-commerce merupakan target pemerintah pada 2020.Di tahun tersebut, Pemerintah Indonesia bersama Nurbaya Inisiatif harus mampu menciptakan 8 juta UKM dan memperoleh pemasukan 130 miliar Dolar Amerika Serikat dari industri e-commerce.

E-commerce lokal seperti Bukalapak dan Tokopedia dan agregator Nurbaya Inisiatif direncakan untuk dapat terhubung dengan Tmall. Hal ini juga merupakan sebuah upaya untuk melindungi UKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here