Jadikan Dahi Anak SD Sandaran Menulis, Muhadjir Effendy Diprotes

[Foto Viral] Jadikan Dahi Anak SD Sandaran Menulis, Muhadjir Effendy Diprotes

SHARE
Muhadjir dan anak-anak SD
Muhadjir dan anak-anak SD

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, kembali mendapatkan protes keras dari netizen. Foto Muhadjir yang menjadikan dahi anak Sekolah Dasar sebagai alas untuk menulis telah beredar luas di dunia maya. Publik mengecam candaan Mendikbud yang dianggap kelewat batas ini.

“Perkenalkan, ini Mendikbud Indonesia, negara keempat terbesar di dunia. Namanya Pak Muhadjir. Yang mana orangnya? Yang menjadikan dahi anak tatakan buat nulis itu loh. Nah, itu Mendikbud Indonesia,” tulis netizen yang menggunggah foto tersebut. Unggahan tersebut kemudian dibagikan oleh ribuan pengguna jejaring sosial terutama Facebook.

Nasrullah selaku staf ahli Mendikbud mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan Muhadjir adalah spontan. Tidak ada maksud lain selain bercanda kepada anak-anak SD yang mengelilinginya.

Foto tersebut diambil di SD Sabililah, Malang. Saat itu, Muhadjir beserta jajarannya sedang berkunjung meninjau penerapan pendidikan karakter yang diterapkan sekolah.

Muhadjir diminta para siswa menulis pesan dan tanda tangan di buku maupun kertas sambil bercanda. Kejadian ini terjadi usai Salat Jumat di masjid sekolah. Muhadjir bertanya kepada salah satu anak, “Mau ditulis di mana tanda tangannya?”

“Anak tersebut menjawab ‘di sini saja (nunjuk jidat) supaya terus diingat.’ Jadi, konteksnya bercanda dengan penuh keakraban,” ujar Nasrullah.

Jadi, Nasrullah mengajak masyarakat untuk berpikir positif karena sejatinya sikap itu adalah murni bentuk keakraban Muhadjir kepada siswa. Sang menteri tidak bermaksud melecehkan atau merendahkan siswa sekolah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY