Benda Hitam Misterius di Sumenep Diduga Bagian Roket Falcon 9

Benda Hitam Misterius di Sumenep Diduga Bagian Roket Falcon 9

SHARE
Kapsul misterius Falcon 9 (foto: Tempo)
Kapsul misterius Falcon 9 (foto: Tempo)

Sumenep – Warga di Pulau Giki Genting, Desa Lombang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, terkejut saat mendengar dentuman keras seperti suara pesawat jatuh pada Senin (26/9) lalu. Mereka lantas menemukan empat benda misterius yang paling besar seukuran drum aspal. Benda-benda tersebut berwarna hitam pekat dan hangus seperti habis terbakar.

Tim peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sudah meneliti benda misterius tersebut. Namun, mereka belum dapat menyimpulkan dengan pasti asal benda tersebut. Dugaan mereka, benda itu adalah bagian dari roket Falcon 9 yang diluncurkan di Amerika Serikat, Minggu (14/8) lalu.

Saat itu, Falcon 9 dalam misi membawa satelit komunikasi milik sebuah perusahaan asal Jepang. Tim Lapan, diwakili oleh Rhorom Priyantikanto, mengatakan bahwa dugaan tersebut muncul setelah timnya mengukur titik orbit jatuhnya benda misterius itu. Lintasan jatuhnya ternyata bersesuaian dengan lintasan Falcon 9. Apalagi, tidak ada roket lain yang melintas di orbit selain Falcon 9 pada waktu tersebut.

Meskipun demikian, Peneliti Bidang Astronomi dan Astrofisika, Pusat Sains Antariksa Lapan, itu mengingatkan bahwa dugaan itu harus diteliti lebih jauh. Sampai saat ini, belum ada konfirmasi langsung dari pihak Falcon 9.

“Dan pada benda yang ditemukan tidak ada logo yang menunjukkan bahwa itu bagian dari Falcon 9,” kata dia, di Sumenep, Rabu (28/9), dilansir Tempo.

Benda berbentuk kapsul itu memiliki panjang 1,42 meter. Jatuhnya kapsul itu menimpa kandang sapi milik Parnuju hingga kandang tersebut ambruk. Warga sempat panik karena mengira benda misterius tersebut adalah bom yang gagal meledak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY