Home Berita Pilihan Tahun Depan, Tarif Cukai Rokok Naik 10,54%

Tahun Depan, Tarif Cukai Rokok Naik 10,54%

SHARE
Ilustrasi cukai rokok (foto: kabarkudus.com)
Ilustrasi cukai rokok (foto: kabarkudus.com)

Jakarta – Tarif cukai rokok akan naik per 1 Oktober 2016 sebesar 10,54%. Kementerian Keuangan memastikan bahwa harga rokok tidak akan naik terlalu drastis seperti rumor-rumor yang beredar sebelumnya.

Kenaikan tarif cukai rokok tahun depan akan diumumkan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, siang ini. Tahun ini, cukai rokok naik sebesar 11,19%. Itu berarti, kenaikan cukai rokok tahun depan lebih rendah daripada tahun ini.

Sebelum keputusan ini mengemuka, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi, mengatakan bahwa kenaikan tarif cukai rokok secara alamiah adalah 10% per tahun. Saat diwawancara, dia belum memastikan kenaikan tarif cukai rokok per tahun 2017.

“Pertumbuhan ekonomi 5,3 persen dan inflasi 4 persen, jadi itu alaminya sekitar 10 persen. Tapi akan ada tarik ulur antara yang pro kesehatan dan petani, nanti kita bahas,” jelas Heru, dilansir CNN Indonesia.

Selain kenaikan tarif cukai rokok, cukai minuman beralkohol juga kemungkinan akan dinaikkan. Sudah tiga tahun terakhir, cukai minuman beralkohol tidak naik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here