Djarot Saiful Hidayat Pimpin Operasi Pembasmian Tikus Got

Djarot Saiful Hidayat Pimpin Operasi Pembasmian Tikus Got

SHARE
Djarot Saiful Hidayat (foto: penulispro)
Djarot Saiful Hidayat (foto: penulispro)

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, terlihat masih aktif menjalankan tugasnya sebagai wakil gubernur sebelum cuti karena mengikuti kampanye Pilkada 2017 pada Jumat (28/10). Rencananya, pada Rabu (27/10) sekitar pukul 20.00 WIB, Djarot akan memimpin pencanangan “Gerakan Basmi Tikus Got” di Kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Besok malam (hari ini-Red), kita mulai berburu tikus, ya,” kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/10).

Djarot menggagas Gerakan Basmi Tikus (GBT) saat blusukan ke rumah warga. Dia pernah melihat tikus sebesar kucing yang dia nilai tidak hanya mengganggu tetapi juga berbahaya. Tikus dapat menyebabkan penyakit dan menggigit kabel listrik. Maka dari itu, dia menginisiasi gerakan ini untuk membasmi hama tikus yang semakin mewabah di Jakarta.

Djarot yang mencanangkan GBT bersedia menghadiahi Rp20 per ekor kepada warga yang menangkap tikus got.

“Itu mesti kita basmi. Nanti melibatkan lingkungan. Sambil mengecek tidak boleh ada tikus dari luar, dari daerah lain masuk ke sini. Nanti kita kumpulkan (kubur) jadikan pupuk organik,” kata Djarot, dilansir Liputan6.

Program GBT ini disosialisasikan melalui lurah agar bisa dikomunikasikan ke RT-RW. Lurah bertugas menghitung tikus-tikus yang berhasil ditangkap warga. Laporannya diserahkan kepada pemerintah untuk kemudian dibayar sesuai tangkapan.

Tikus-tikus mati tersebut dikumpulkan petugas  Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Selanjutnya, Dinas Pertamanan akan mengubur tikus-tikus tersebut di area yang sudah disediakan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY