Atasi Keterbatasan Lahan, BP Batam Gelar Workshop Pembangunan Apartemen

Atasi Keterbatasan Lahan, BP Batam Gelar Workshop Pembangunan Apartemen

SHARE
Ilustrasi Apartemen (foto: andodaproperti)
Ilustrasi Apartemen (foto: andodaproperti)

Batam – Keterbatasan lahan menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh Kota Batam. Direktorat Pemanfaatan Aset Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Workshop Pembangunan Apartemen Rakyat di Gedung IT Centre BP Batam, Kamis (17/11).

Wakil Kepala BP Batam, Agus Tjahajana, mengatakan bahwa salah satu alasan perlunya pembangunan apartemen rakyat adalah terbatasnya lahan di Kota Batam untuk rumah penduduk.

Pada sekitar 100 peserta workshop, dia mengungkapkan bahwa paradigma pembangunan perumahan diharapkan tidak lagi membangun rumah tapak. Pemerintah atau swasta seharusnya mempertimbangkan pembangunan rumah secara vertikal.

“Apartemen tidak hanya dilihat secara fisik (sisi bisnis) namun bagaimana membangun sebuah komunitas hubungan, kekeluargaan di tempat tersebut, sebuah bangunan yg tidak saja tempat berteduh tetapi bisa mengisi esensi dari sebuah keluarga,” kata dia, dilansir Berita Satu.

Workshop tersebut berfokus pada melihat arah kebijakan pembangunan apartemen rakyat di Batam dengan mempertemukan swasta dan pemerintah. Menurut penjelasan Agus, konsep apartemen rakyat menggunakan skema kerja sama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Apartemen tersebut nantinya diutamakan untuk dihuni masyarakat berpenghasilan rendah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY