Home Berita Pilihan Fruit Indonesia 2016 Buktikan Usaha Indonesia Populerkan Buah Tropis

Fruit Indonesia 2016 Buktikan Usaha Indonesia Populerkan Buah Tropis

SHARE
Buah manggis (foto: arienforbeauty.com)
Buah manggis (foto: arienforbeauty.com)

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia bisa menjadi negara utama pengekspor buah. Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam sambutan pembukaan acara Fruit Indonesia 2016 di area Parkir Timur Senayan Jakarta, Kamis (17/11).

“Saya berharap, melalui acara Fruit Indonesia 2016 ini menjadi langkah awal menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor buah utama dan terbesar di dunia sehingga petani-petani buah dapat menikmati kesejahteraan yang lebih baik,” kata Jokowi, dilansir Antara.

Menurut Jokowi, Indonesia sebagai negara pengekspor buah utama tidaklah mustahil dicapai. Beragam jenis buah tumbuh di Indonesia. Secara kuantitas maupun kualitas, buah-buahan lokal bisa memenuhi kebutuhan ekspor ke mancanegara.

Dia menambahkan, setiap daerah di Indonesia memiliki produk buah unggulan. Produk buah unggulan tersebut sudah ditanam dalam skala lahan yang cukup luas.

Jokowi juga menyebutkan potensi industri agrowisata dari pertanian buah. Selain itu, buah sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Dia menjelaskan bahwa hampir semua acara budaya di Indonesia menggunakan buah baik untuk suguhan maupun ritual peribadatan.

Menurut Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, buah unggulan khas Indonesia saat ini ada 12 varietas buah lokal. Buah-buah tersebut adalah mangga, jeruk keprok Bali, durian, manggis, nanas, alpukat, salak, pisang, rambutan, melon, pepaya, dan semangka.

Acara expo tersebut adalah yang keempat kalinya diselenggarakan sejak 2013. Namun, pada mulanya, gelaran tersebut diberi nama Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN). Akan tetapi, Jokowi memutuskan untuk fokus pada perkenalan buah-buahan nusantara untuk gelaran tahun ini sehingga namanya sedikit diubah menjadi Fruit Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here