Home Dunia Asia Pasifik Pengadilan Korea Selatan Selenggarakan Sidang Pertama Skandal Presiden Park Geun-hye

Pengadilan Korea Selatan Selenggarakan Sidang Pertama Skandal Presiden Park Geun-hye

SHARE
Choi Soon-sil (foto: BBC)
Choi Soon-sil (foto: BBC)

Seoul – Pengadilan Korea Selatan pada Senin (19/12) ini mulai menyidangkan skandal Presiden Park Geun-hye dengan terdakwa Choi Soon-sil yang merupakan teman dekatnya.

Hingga saat ini, keberadaan Choi masih menjadi misteri. Media lokal Korsel selama berbulan-bulan memberitakan spekulasi tentang keberadaannya.

Penampilan terakhir Choi di depan masyarakat terjadi pada Senin (31/10). Saat itu, dia tertangkap kamera sedang kehilangan sepatu merek Prada saat berada di kerumunan media dan pengunjuk rasa. Pada wartawan di kantor kejaksaan Seoul, Choi mengatakan bahwa dirinya telah melakukan sebuah dosa sehingga layak untuk mati.

Persidangan hari ini tidak meminta kehadiran Choi. Sebelumnya, dia diduga memanipulasi urusan negara dan memeras konglomerat. Dakwaan atas dirinya akan dievaluasi oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Pengadilan mengundi tiket masuk persidangan Choi yang terbuka untuk umum ini. Hal itu dilakukan untuk menghindari kekacauan karena kerumunan massa.

Belum diketahui berapa lama persidangan ini akan berlangsung. Meskipun demikian, Choi diperkirakan akan divonis pada Mei 2017 jika saja jaksa tidak memasukkan dakwaan baru. Menurut kebiasaan, pengadilan mengeluarkan putusan dalam kurun waktu enam bulan.

Choi didakwa menyalahgunakan kekuasaan, melakukan pemerasan, dan percobaan penipuan. Shin Jae-hwan, juru bicara pengadilan, mengatakan bahwa Choi bisa dipenjara sampai lebih dari 15 tahun jika semua dakwaan tersebut terbukti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here