Home Berita Pilihan Dinas Pariwisata Pontianak Wacanakan Bangun Monumen Kuntilanak

Dinas Pariwisata Pontianak Wacanakan Bangun Monumen Kuntilanak

SHARE
Tugu Khatulistiwa, salah satu ikon pariwisata di Pontianak (foto: anekatempatwisata)
Tugu Khatulistiwa, salah satu ikon pariwisata di Pontianak (foto: anekatempatwisata)

Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga akan membangun monumen kuntilanak. Wacana ini dikemukakan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kalbar secara umum dan ke Pontianak secara khusus.

Pemprov Kalbar menginginkan Patung Kuntilanak ini nantinya menjadi ikon Kota Pontianak. Menurut Kartius, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga, pada Selasa (17/1), daya tarik wisata di Kalbar tergolong sangat minim.

Dengan adanya Patung Kuntilanak, Pemprov Kalbar berharap daya tarik yang tidak ada saingannya di daerah lain ini bisa meningkatkan jumlah wisatawan. Jika jumlah wisatawan meningkat, perekonomian akan maju yang akhirnya berdampak pada peningkatan pendapatan per kapita masyarakat.

Pihak terkait sudah melakukan kajian pembangunan beserta sejarahnya. Nantinya, Patung Kuntilanak tersebut akan dibuat setinggi 100 meter sehingga membutuhkan lahan yang cukup luas.

Lokasi patung akan disediakan oleh Pemerintah Kota Pontianak. Namun, apabila Pemko Pontianak tidak memiliki cukup lahan maka lahan Pemprov Kalbar yang akan dijadikan lokasi pendirian patung. Jika Patung Kuntilanak ini telah selesai dibangun, wisatawan bisa melihat Kota Pontianak secara keseluruhan dengan cara naik ke patung tersebut.

Pemprov Kalbar telah mengkomunikasi ide ini kepada masyarakat. Pro dan kontra tentu menyertai ide ini. Pemprov benar-benar mempelajari secara seksama kritik dan saran mengenai pembangunan Monumen Kuntilanak ini sehingga di kemudian hari tidak timbul penyesalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here