Home Berita Pilihan Puslabfor Mabes Polri Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Senen

Puslabfor Mabes Polri Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Senen

SHARE
Pasar Senen (foto: Berita Satu)
Pasar Senen (foto: Berita Satu)

Jakarta – Tim Laboratorium Forensik Mabes Polri diturunkan hari ini, Jumat (20/1) untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Mereka menyelidiki penyebab peristiwa kebakaran Pasar Senen yang terjadi pada kemarin, Kamis (19/1) pagi.

“Kami belum bisa pastikan penyebab terjadinya kebakaran, apakah dari trafo atau dari mana. Nanti tim Labfor yang akan menelitinya. Kami masih menunggu dari Labfor,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, Kamis (19/1), dilansir Berita Satu.

Polisi berfokus untuk melakukan pengamanan, menjaga pemilik kios mengevakuasi barang-barang berharga, serta meminta keterangan para saksi sesaat setelah api berhasil dipadamkan. Menurut catatan kepolisian, sejauh ini belum ada korban jiwa yang ditemukan.

Kapolri Tito Karnavian yang ditemui secara terpisah menyatakan bahwa pihaknya masih mencari titik awal mulanya api.Uji karbon akan dilakukan untuk mengetahui apakah ada sumber dan bekas minyak.

Ketika dimintai pendapat tentang kebakaran Pasar Senen, calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan bahwa api sulit dipadamkan karena banyak bahan yang mudah terbakar. Faktor lain yang mendukung sulitnya api padam adalah angin kencang.

Menurut Ahok, Blok I dan Blok II juga dijadikan gudang oleh para pemilik kios selain dijadikan tempat dagang. Dia sudah menyampaikan berulang kali agar tidak ada pedagang yang menyimpan stok dagangannya di toko atau kios tempatnya berjualan. Namun, imbauannya seolah tidak diindahkan para pemilik kios.

“Karena konsep pasar itu sebenernya untuk dagang. Jadi barang tidak boleh ditumpuk terlalu banyak. Sekarang, (akibatnya) kami setengah mati memadamkannya,” ujar Basuki di Hotel Santika, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Kamis (19/1, dilansir Berita Satu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here