Jelang Hari Pers Nasional, Pramono Anung Minta Insan Pers Bahas Hoax

Jelang Hari Pers Nasional, Pramono Anung Minta Insan Pers Bahas Hoax

SHARE
ilustrasi hoax (foto: istockphoto)
ilustrasi hoax (foto: istockphoto)

Jakarta – Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, meminta insan pers untuk membahas soal hoax atau berita bohong pada Hari Pers Nasional (HPN) 2017 pada Kamis (9/2) mendatang. Perhelatan HPN 2017 akan diadakan di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Perhelatan ini akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Presiden dan juga sudah kontak dengan Gubernur Maluku,” kata Pramono terkait kedatangan Presiden ke Ambon, dilansir Berita Satu.

Pramono Anung mengatakan bahwa pemerintah sangat memerhatikan soal hoax. Jika solusi untuk masalah ini didukung insan pers, gema pemberantasan hoax akan semakin bagus. Pramono mengatakan bahwa sambutan Presiden pada HPN 2017 nanti juga akan menyinggung soal hoax.

“Media massa diharapkan bisa membantu memberikan informasi dan pendidikan kepada publik atas informasi yang valid,” kata Pramono.

Dia mengatakan, informasi hoax justru lebih banyak datang dari luar negeri bukan dari dalam negeri. Permasalahan hoax ini berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

Untuk menangkal dan menanggulangi hoax, berita bohong, dan masalah-masalah lain di dunia siber, pemerintah telah membentuk Badan Cyber Nasional. Badan tersebut terdiri dari cabang-cabang, tiga di antaranya adalah Cyber Security di bawah Polri, Cyber Intelligence di bawah BIN, dan Cyber Defence di bawah Kementerian Pertahanan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY