Home Peristiwa Bencana Alam Jatim dan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan 4,9 SR

Jatim dan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan 4,9 SR

SHARE
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)

Malang – Gempa berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) terjadi pada Rabu (8/2) dini hari pukul 00.21 WIB di sebagian wilayah Provinsi Jawa Timur dan Pulau Bali. Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 126 kilometer, 45 kilometer barat daya Lumajang, di koordinat 8.53 LS dan 113.11 BT.

Musripan, Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, mengatakan bahwa guncangan dirasakan di wilayah Jember, Trenggalek, Malang, Lumajang, Nusa Dua, dan Tabanan dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MII). Data tersebut diambil dari peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG.

“Gempa bumi yang berpusat di barat daya Lumajang tersebut tidak menimbulkan gempa susulan,” kata dia, dilansir Berita Satu.

Pemicu gempa diperkirakan adalah aktivitas besar di Samudera Hindia. Meskipun demikian, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir atau cemas. Masyarakat diminta untuk tetap terus mengikuti arahan dari BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here