WNI Siti Aishah Ditangkap Otoritas Malaysia Terkait Dugaan Pembunuhan Kim Jong-Nam

WNI Siti Aishah Ditangkap Otoritas Malaysia Terkait Dugaan Pembunuhan Kim Jong-Nam

SHARE
Wanita diduga tersangka pembunuhan Kim Jong-Nam (foto: shutterstock)
Wanita diduga tersangka pembunuhan Kim Jong-Nam (foto: shutterstock)

Kuala Lumpur – Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Siti Aishah ditangkap pada Rabu (15/2) di Bandara Internasional Kuala Lumpur oleh Otoritas Malaysia. Dia diduga merupakan salah satu dari dua tersangka pembunuh Kim Jong-Nam, saudara tiri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-Un.

Saat ditangkap, perempuan kelahiran Serang, Banten, itu membawa dokumen perjalanan Vietnam.

“Berdasar data diri yang disampaikan oleh otoritas keamanan Malaysia, KBRI telah melakukan verifikasi dan berdasarkan data sementara yang ada di KBRI perempuan tersebut berstatus WNI,” kata Direktur Perlindungan WNI dari Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, dilansir BBC Indonesia.

Terkait adanya kasus ini, KBRI telah meminta akses kekonsuleran kepada Pemerintah Malaysia. Hal ini dilakukan agar KBRI bisa memberikan pendampingan kepada WNI sehingga memastikan hak-hak hukumnya terpenuhi. KBRI telah mengirimkan staf perwakilan ke Selangor.

Kim Jong-Nam diduga meninggal dunia karena diracun. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Komite Intelijen Dewan Nasional Korea Selatan, Lee Cheol Woo.

Namun, belum diketahui bagaimana caranya Kim Jong-Nam diracun. Pun juga belum diketahui mengapa Korsel memperoleh informasi tersebut. Pasalnya, kabar kematian tersebut belum dipublikasikan di Korut. Tampaknya, kabar ini tidak akan disebarkan di negara tersebut karena sensitivitas perpolitikan di negara itu.

Tidak hanya intelijen Korsel saja yang menyebutkan bahwa Kim Jong-Nam mati diracun. Beberapa saksi mata juga mengatakan hal serupa. Namun, uji forensik harus dilakukan agar penyebab kematian sebenarnya bisa diketahui.

Kim Jong-Nam dibunuh saat berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Saat itu, dia sedang menunggu penerbangan ke Macau.

Selain Siti Aishah, satu perempuan lainnya yang ditangkap terkait kasus pembunuhan ini adalah Doan Thi Huang. Dia terekam kamera CCTV bandara sedang berjalan sendirian. Pemegang paspor Vietnam itu tampak mengenakan kaos putih bertuliskan LOL.

Belum diketahui dengan pasti apa motif pembunuhan saudara tiri Kim Jong-Un ini. Meskipun demikian, muncul spekulasi bahwa dia dibunuh atas perintah pemerintah Korut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY