Home Berita Pilihan #SkipChallenge Mengancam Jiwa, Mendikbud Kirimkan Instruksi Larangan ke Kepala Sekolah se-Indonesia

#SkipChallenge Mengancam Jiwa, Mendikbud Kirimkan Instruksi Larangan ke Kepala Sekolah se-Indonesia

SHARE
Skip Challenge
Skip Challenge

Bandung – Skip Challenge, Choking Game, atau #PassOutChallenge sedang viral di media sosial untuk dilakukan saat ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, melarang keras permainan yang membahayakan jiwa ini.

Seperti diketahui, para pelaku #SkipChallenge ini kebanyakan adalah para pelajar. Mereka menekan dada sekeras mungkin selama beberapa waktu. Anak-anak yang memainkan permainan ini bisa kejang-kejang atau bahkan pingsan. Hal tersebut terjadi karena orang yang ditekan dadanya kekurangan oksigen. Biasanya, permainan ini dilakukan lebih dari dua orang.

Oleh karena itu, Mendikbud mengingatkan kepada para pelajar tentang bahaya nyata memainkan #SkipChallenge.

“Oh tidak boleh itu, itu berbahaya sekali menantang jiwa. Saya kira itu tidak boleh dilakukan,” kata Muhajir, ketika memberikan kuliah umum bertajuk “Strategi Penguatan LPTK dalam Menyiapkan Guru Masa Depan” di UPI Kota Bandung, Jumat, (10/3), dilansir Berita Satu.

Dia pun memerintahkan kepada kepala guru, terutama wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, untuk memantau dan melarang anak-anak untuk melakukan hal tersebut. Dia pun sudah mengirimkan instruksi melarang Skip Challenge kepada seluruh kepala sekolah di Indonesia.

Menurut Alfred Saccehtti, chief emergency medicine dari Our Lady of Lourdes Medical centre, Camden, bermain Skip Challenge sama saja dengan melakukan usaha bunuh diri.

“Ini nyata dan benar-benar berbahaya, permainan ini sama saja dengan bunuh diri,” kata Sacchetti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here