Home Berita Pilihan Genset Pesawat Garuda Indonesia Terbakar

Genset Pesawat Garuda Indonesia Terbakar

SHARE
Genset Garuda Indonesia terbakar
Genset Garuda Indonesia terbakar

Jakarta – Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar, menginformasikan bahwa sebuah genset terbakar di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (14/3) sekitar pukul 23.27 WIB. Genset tersebut berada di lahan parkir pesawat Garuda Indonesia A330-300 rute Jakarta-Singapura. Gara-gara genset terbakar, pesawat yang terparkir di dekatnya itu tersambar api.

“Saat petugas teknik perawatan pesawat hendak melakukan pengisian tenaga listrik dari GPU di darat ke unit power listrik di pesawat GA yang malam itu sedang parkir,” tulis Benny dalam keterangan tertulisnya kepada media Liputan6.com, Rabu (15/3).

Petugas teknisi dan petugas avsec yang melihat kepulan asap dari genset langsung memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran. Petugas juga memanggil unit mobil pemadam kebakaran untuk mencegah meluasnya kebakaran. Hal ini mereka lakukan sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Hanya dalam waktu kurang dari sepuluh menit, seluruh percikan api sudah dapat dipadamkan secara permanen. Pesawat yang terbakar pun segera ditarik ke hanggar GMF. Petugas kemudian mengecek pesawat secara menyeluruh sesuai prosedur keamanan yang berlaku. Badan pesawat juga menjalani proses pencucian di hanggar tersebut.

Pesawat cadangan dengan jenis yang sama menggantikan pesawat yang terbakar tersebut agar jadwal penerbangan tidak terganggu. Pesawat rute Jakarta-Singapura itu sudah berangkat secara on time pada Rabu pukul 06.10 WIB tadi.

Kejadian ini membuat pihak Garuda Indonesia untuk menghentikan penggunaan genset sejenis sampai dengan selesainya proses investigasi. Kebijakan ini diambil sebagai langkah evaluasi perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here