Home Berita Pilihan Indonesia Akan Dilanda Hawa Panas pada 21 Maret 2017

Indonesia Akan Dilanda Hawa Panas pada 21 Maret 2017

SHARE
Ilustrasi Equinox BMKG
Ilustrasi Equinox BMKG

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menanggapi informasi tentang akan adanya peningkatan suhu udara hingga 40 derajat Celcius akibat fenomena equinox. Sumber tersebut menyatakan bahwa fenomena ini akan terjadi pada 21 Maret 2017.

Menurut BMKG, equinox adalah fenomena astronomi yang berlangsung dua kali dalam setahun yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Fenomena ini terjadi karena matahari sedang melintasi garis khatulistiwa.

Rata-rata suhu maksimal di Indonesia bisa mencapai 36 derajat Celcius. Fenomena equinox tidak selalu menyebabkan suhu udara meningkat secara drastis.

Bahkan, sesungguhnya, fenomena ini berbeda dengan fenomena gelombang panas yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah. Fenomena yang terjadi di kawasan-kawasan tersebut memang dapat menyebabkan suhu udara meningkat drastis dan berlangsung dalam waktu lama.

Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk tidak perlu khawatir akan dampak equinox. Meskipun demikian, masyarakat harus tetap mengantisipasi adanya kondisi cuaca yang cukup panas sebab selain equinox, beberapa wilayah di Indonesia sedang memasuki masa pancaroba. Mereka diimbau untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan keluarga, dan menjaga kesehatan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here