Home Berita Pilihan Zootopia Diisukan Plagiat Karya Gary L. Goldman

Zootopia Diisukan Plagiat Karya Gary L. Goldman

SHARE
Zootopia
Zootopia

Jakarta – Zootopia, film animasi besutan Disney, memenangkan Piala Oscar sebagai Film Animasi Terbaik 2017. Namun, ternyata, di balik kesuksesannya, film tersebut terancam digugat oleh pihak yang mengaku bahwa Zootopia memplagiat naskah buatan Gary L. Goldman. Adalah Esplanade Productions, Inc. yang mengajukan gugatan ini.

The Hollywood Reporter memberitakan bahwa berdasarkan dokumen pengadilan gugatan plagiat film Zootopia, Goldman sempat menyampaikan ide terkait film itu pada Disney tahun 2000 dan 2009. Pada dua kali kesempatan itu, Goldman atas nama Esplanade, menyampaikan ide terkait komponen live-action yang disebut “Looney” dan  komponen animasi yang disebut “Zootopia”.

Pada dokumen tersebut, disebutkan bahwa tergugat menyatakan ketidaktertarikan mereka dalam produksi Zootopia dan meminta Goldman keluar. Disney tidak menerima secara sah ide tentang animasi Zootopia yang dikemukakannya.

Namun, ternyata, Disney merilis film Zootopia yang secara substansial mirip dengan karya Zootopia milik Goldman.

“Mereka menyalin tema milik Goldman, latar, plot cerita, karakter, dan dialog pada beberapa kata. Mereka menyalin judul bahkan desain karakter, serta ilustrasinya,” demikian sebagaimana tertulis dalam gugatan sebanyak 37 halaman itu.

Film Zootopia ternyata sukses dan Disney mendapatkan keuntungan besar. Maka dari itu, Goldman ingin menuntut ganti rugi.

Sementara itu, pihak Disney langsung menyatakan bahwa gugatan Goldman penuh dengan tuduhan palsu. Melalui juru bicara mereka, Disney menduga gugatan tersebut sebagai upaya buruk untuk mengklaim sebuah film sukses yang tidak dia ciptakan sendiri. Mereka akan mempertahankan Disney dari gugatan Goldman dengan penuh semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here