Home Berita Pilihan Aksi 313 Akan Tuntut Ahok Turun Jabatan

[VIDEO] Aksi 313 Akan Tuntut Ahok Turun Jabatan

SHARE
Sekretaris Jenderal FUI, Muhammad Al Khaththath
Sekretaris Jenderal FUI, Muhammad Al Khaththath

Jakarta – Forum Umat Islam (FUI) bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam akan mengadakan aksi pada Jumat (31/3). Aksi yang mereka namakan sebagai Aksi 313 itu menuntut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terdakwa kasus penodaan agama sekaligus Gubernur DKI Jakarta, untuk turun dari jabatannya sebagai Gubernur.

Seruan untuk mengadakan Aksi 313 datang dari Sekretaris Jenderal FUI, Muhammad Al Khaththath, melalui video yang dia posting ke YouTube. Dia mengajak umat Islam untuk turun ke jalan. Seluruh lapisan umat Islam termasuk alim ulama, habib, tokoh, dan aktivis Muslim dari berbagai ormas, lembaga, dan komunitas Islam dipastikan akan hadir dalam Aksi 313 ini.

Dalam video yang diposting pada Selasa (28/3) itu, Al Khaththath menyerukan kepada umat Islam untuk berkumpul di Masjid Istiqlal Jakarta. Mereka akan mengadakan salat Jumat terlebih dahulu, mengikuti zikir, dan mendengarkan tausiah, sebelum mengadakan aksi jalan kaki ke Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Al Khaththath mengatakan dalam video tersebut bahwa mereka akan menuntut kepada Presiden agar menegakkan undang-undang dengan mencopot terdakwa Ahok. Menurut mereka, Ahok yang seorang terdakwa penista Alquran harus dicopot dari jabatannya.

Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentan Pemerintah Daerah mengatur bahwa Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah yang sudah menyandang status terdakwa harus diberhentikan sementara atau nonaktif. Aturan tersebut termuat secara eksplisit di Pasal 83 Ayat (1), (2), dan (3).

Kasus Ahok  mendapatkan perlakuan berbeda karena saat ini dia didakwa dengan dakwaan alternatif. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, berpendapat bahwa penonaktifan tidak bisa dilakukan karena dakwaan alternatif tersebut. Ahok didakwa melanggar Pasal KUHP dengan ancaman penjara paling lama empat tahun dan Pasal 156 huruf a KUHP dengan ancaman pidana paling lama lima tahun.

Dalam video tersebut, Al Khaththath juga menyerukan kepada umat Islam yang ikut aksi untuk mengenakan pakaian serba putih. Namun, dia tidak mempermasalahkan anggota ormas yang memilih untuk mengenakan seragam masing-masing.

“Bawa bendera ormas masing-masing. Kalau enggak punya bawa bendera Lailahailallah Muhammadarasulullah, bendera tauhid kita. Ayo bersama-sama kita ke Jakarta, Aksi 313. Kita bela Allah, kita bela rasul, kita bela Alquran,” tutup Al Khaththath, dilansir CNN Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here