Gas Beracun Sarin Tewaskan 35 Warga Suriah

Gas Beracun Sarin Tewaskan 35 Warga Suriah

SHARE
Gas beracun menyerang Suriah (foto: AFP)
Gas beracun menyerang Suriah (foto: AFP)

Khan Sheikhun – Serangan gas beracun menewaskan setidaknya 35 warga Khan Sheikhun, Suriah, Selasa (4/4). Gas ini disebarkan melalui serangan udara di salah satu daerah kekuasaan pemberontak itu.

Menurut laporan Syrian Observatory for Human Rights, korban tewas maupun terluka sebagian besar adalah warga sipil. Serangan ini juga telah mengakibatkan puluhan orang mengalami gangguan pernapasan. Para korban yang terkena gas beracun ini menampakkan gejala-gejala seperti pingsan, muntah-muntah, hingga mulut berbusa.

Pemerintah Amerika Serikat memercayai bahwa gas beracun yang digunakan untuk menyerang Suriah itu adalah gas sarin. Diduga kuat, kelompok yang membawa gas beracun ini adalah pasukan yang setia kepada Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

“Tindakan keji yang dilakukan oleh rezim Bashar al-Assad adalah konsekuensi dari keraguan dan kelemahan administrasi di masa lalu,” kata juru bicara Gedung Putih Sean Spicer dikutip dari Reuters.

Khan Sheikun adalah sebuah kawasan yang berada di Provinsi Idlib, Suriah. Saat ini, sebagian besar dari provinsi itu dikuasai oleh sejumlah pemberontak. Salah satu kubu pemberontak yang menguasainya adalah mantan sekutu Al Qaidah, Front Fateh al-Sham.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY