Home Berita Pilihan Akses Wisata Keraton Kasunanan Ditutup Akibat Konflik Saudara

[VIDEO] Akses Wisata Keraton Kasunanan Ditutup Akibat Konflik Saudara

SHARE
Polisi dan Kendaraan Taktis di Sekitar Keraton Kasunanan
Polisi dan Kendaraan Taktis di Sekitar Keraton Kasunanan

Surakarta – Akses wisata Keraton Kasunanan Surakarta ditutup sementara sejak Selasa (4/4). Penutupan ini dilakukan karena adanya konflik saudara dari Tim Lima bentukan Paku Buwono XIII dengan Dewan Adat yaitu KGPH Puger dan saudara lainnya.

Awal mula konflik tersebut mencuat kembali adalah aksi pembongkaran paksa sekat pembatas di area dalam keraton. Sekat tersebut menghubungkan Sasana Narendra dengan Langen Katong. Pembongkaran tersebut dilakukan pada Minggu (2/4) lalu oleh Tim Lima.

“Suasana masih kurang kondusif, kita tutup akses wisata ke keraton, museum dan perpustakaan tutup sementara,” ujar Plt PB XIII, KGPH Puger, saat dijumpai wartawan di Magangan, Keraton Solo, Rabu (5/4), dilansir Kompas.

Penutupan akan dilakukan hingga kondisi benar-benar kondusif agar wisatawan merasa nyaman. Dilaporkan bahwa pada Selasa (4/4), sejumlah kendaraan taktis Baracuda terparkir di sebelah barat pintu Kori Kamandungan Lor. Di sekitar timur Kori Kamandungan Lor, terdapat dua truk pengangkut milik polisi, mobil polisi, dan mobil milik pribadi.

Puluhan motor trail Polresta Surakara terparkir di parkiran timur sekitar Kamandungan. Sementara itu, mobil dokter polisi dan truk pengangkut terparkir di parkiran Kamandungan sebelah barat. Polisi juga menyiagakan dua anjing pelacak berjenis Herder dan Rottweiller.

Manajer Museum Pariwisata Keraton Kasunanan Surakarta, Surya Adimijaya, mengatakan bahwa penutupan area wisata tidak terlalu merugikan pihak keraton. Surya berharap agar situasi segera kembali aman dan nyaman agar wisatawan baik lokal maupun mancanegara bisa segara berwisata di Keraton Surakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here