Home Berita Pilihan Teror Truk Terjadi di Stockholm, Empat Orang Tewas

Teror Truk Terjadi di Stockholm, Empat Orang Tewas

SHARE
Serangan teroris di depan toko serba ada Ahlens di Stockholm (Rex/The Independent)
Serangan teroris di depan toko serba ada Ahlens di Stockholm (Rex/The Independent)

Stockholm – Aksi teror terjadi di Stockholm, Swedia, Jumat (7/4), sekitar pukul 13.52 waktu setempat. Seorang tak dikenal menabrakkan truk lori ke kerumunan orang pada jam sibuk di luar toko serba ada  Ahlens yang berada di pusat kota Stockholm. Aksi ini menewaskan empat orang dan melukai 15 orang lainnya.

Menurut kepala polisi nasional Swedia, Stefan Hector, bukti-bukti yang ada telah membuat pihak kepolisian menduga bahwa insiden ini adalah serangan teror. Terkait serangan ini, seorang pria telah diamankan. Namun, polisi masih memburu pengemudi truk.

Akibat teror truk di Stockholm ini, Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven, terpaksa mempersingkat kunjungannya ke Swedia barat untuk kembali ke Stockholm.

“Teroris ingin supaya kita menjadi takut, ingin kita untuk mengubah perilaku kita, ingin kita hidup tidak normal, tapi ini adalah apa yang akan kita lakukan. Jadi teroris tidak pernah bisa mengalahkan Swedia, tidak pernah,” katanya, dilansir Kompas.

Dia pun mengatakan bahwa pemerintah telah meningkatkan pengawasan di daerah perbatasan.

“Saya tidak bisa melihat apakah ada orang yang mengemudi tapi itu di luar kendali. Saya melihat setidaknya dua orang turun dari mobil. Saya berlari menjauh secepat saya bisa,” kata seorang saksi mata kepada harian Aftonbladet.

Setelah serangan truk itu terjadi, sekitar pukul 15.00 WIB waktu setempat, serangan penembakan terjadi di kawasan Fridhemsplan, Stockholm. Lokasinya tidak jauh dari tempat serangan truk lori. Belum diketahui apakah ada korban jiwa akibat serangan tersebut.

Kedutaan Besar Republik Indonesia Stockholm memperingatkan Warga Negara Indonesia yang berada di kota tersebut dan di Swedia pada umumnya untuk berhati-hati. WNI diminta menghindari pusat perkotaan dan mewaspadai keadaan sekitar serta selalu memantau perkembangan. Dikhawatirkan, serangan teror serupa akan kembali terjadi.

KBRI Stockholm membuka hotline di +46 8 545 55 880 atau +46 700 246 843. Selain itu, WNI di Swedia bisa memantau perkembangan keadaan negara tersebut melalui situs stockholm.kemlu.go.id serta mengirim surel ke email:stockholm.kbri@kemlu.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here