Home Berita Pilihan Dahlan Iskan Dituntut Enam Tahun Penjara dan Denda Rp750 Juta

Dahlan Iskan Dituntut Enam Tahun Penjara dan Denda Rp750 Juta

SHARE
Dahlan Iskan (foto: kanalsatu)
Dahlan Iskan (foto: kanalsatu)

Sidoarjo – Dahlan Iskan, terdakwa dalam kasus pelepasan aset BUMD Provinsi Jawa Timur PT Panca Wira Usaha, dituntut pidana penjara enam tahun dan denda Rp750 juta subsider enam bulan penjara dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya di Sidoarjo, Jumat (7/4). Tuntutan tersebut dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum Trimo.

“Terdakwa Dahlan dinyatakan melanggar Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” katanya, dilansir Berita Satu.

Dalam persidangan ini, jaksa mewajibkan membayar ganti rugi Rp8,3 miliar kepada terdakwa Dahlan Iskan dan PT Sempulur Adi Mandiri, dengan pembagian terdakwa Rp4,1 miliar. Jika ganti rugi tersebut tidak dibayar hingga ada keputusan hukum tetap (inkrah), ganti rugi wajib diganti dengan penjara selama tiga tahun enam bulan.

JPU mengatakan bahwa pelepasan aset PT Panca Wira Usaha di Kediri dan Tulungagung pada tahun 2003 melanggar banyak prosedur. Akibatnya, negara rugi hingga Rp11 miliar. Salah satu pelanggaran prosedurnya adalah sudah dilakukannya transaksi dengan PT Sempulur Adi Mandiri, perusahaan pembeli aset, sebelum pembukaan penawaran dari RUPS.

Menanggapi tuntutan JPU, Dahlan Iskan mengaku tidak kaget. Menurutnya, kejaksaan telah sejak awal mengincar dirinya supaya masuk penjara. Usai persidangan, mantan Menteri BUMN ini tetap menyatakan bahwa dirinya tidak menerima uang sepeser pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here