Home Dunia Pembuat Remix Azan Dax J Divonis Penjara Setahun

Pembuat Remix Azan Dax J Divonis Penjara Setahun

SHARE
Dax J (foto: traxmag)
Dax J (foto: traxmag)

Tunis – Seorang DJ asal Inggris, Dax J, divonis penjara setahun secara in absentia (tanpa kehadiran terdakwa di sidang) oleh Pengadilan Tunisia pada Kamis (6/4). Dia dijatuhi hukuman tersebut karena memainkan musik remix suara azan saat tampil di Kota Hammamet, Tunisia.

“Enam bulan atas dakwaan ketidaksopanan dan enam bulan atas penghinaan moralitas publik,” kata juru bicara pengadilan di Kota Grombalia, Ylyes Miladi, dilansir Antaranews.

Sebelumnya, pengadilan telah menolak dakwaan terhadap pemilik kelab malam dan penyelenggara acara saat Dax J mengisi acara di kota wisata pantai tersebut. Namun, jaksa mengajukan banding dengan dalih keduanya seharusnya bertanggung jawab memeriksa konten yang akan ditampilkan oleh Dax J.

Dax J diketahui memainkan remix suara azan dari video yang viral di dunia maya sejak Minggu pekan lalu. Dalam video tersebut, terlihat para pengunjung kelab malam berjoged ria diiringi alunan musik remix suara azan. Sontak saja, video ini menjadi sumber perdebatan di jejaring sosial.

Kelab malam tempat Dax J memainkan musik remix tersebut telah ditutup oleh pihak berwenang. Sang DJ dan penyelenggara acara telah meminta maaf atas insiden tersebut.

Sementara itu, Kementerian Agama Tunisia turut mengemukakan pendapat terkait insiden ini.  Pihak kementerian sama sekali tidak bisa menerima perlakuan yang dianggap menghina opini dan prinsip-prinsip agama yang dianut rakyat Tunisia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here