Home Dunia Amerika Ilustrator Komik Ardian Syaf Dikenai Sanksi Marvel Comics

Ilustrator Komik Ardian Syaf Dikenai Sanksi Marvel Comics

SHARE
Ilustrasi Ardian Syah di komik X-Men terbaru
Ilustrasi Ardian Syah di komik X-Men terbaru

Jakarta – Marvel Comics memberikan sanksi kepada ilustrator komik kelas dunia asal Indonesia, Ardian Syaf, setelah ilustrator tersebut diduga menyisipkan pesan-pesan politik terkait Pemilihan Gubernur DKI Jakarta di edisi “X-Men Gold #1”. Dia juga diduga mendukung sikap intoleran melalui tulisan-tulisan yang dia tambahkan di komik tersebut.

Ilustrasi yang ditambahkan oleh Ardian diduga merujuk pada demonstrasi yang diselenggarakan pada 2 Desember 2016 untuk menentang Basuki Tjahaja Purnama. Aksi tersebut dikenal dengan nama Aksi 212. Ilustrasi lain juga diduga merujuk pada kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki terkait Surat Al-Maidah 51.

Marvel Comics, yang mendapatkan laporan dan protes dari para pembacanya, merilis pernyataan pada Sabtu (9/4) kemarin.

“Karya yang disebutkan dalam X-Men Gold #1 diselipkan tanpa pemahaman (kami) atas artinya. Ilustrasi itu tidak mencerminkan pandangan penulis, editor, atau siapa pun di Marvel dan bertentangan langsung dengan sikap inklusif Marvel Comics serta X-Men yang terus dijaga sejak karya itu diciptakan,” demikian bunyi pernyataan Marvel.

Penerbit komik asal Amerika Serikat tersebut juga akan menerbitkan edisi revisi  versi cetak dan digital yang menghapus ilustrasi tersebut. Dalam pernyataan tersebut, Marvel Comics tidak merinci tindakan disipliner yang sedang diambil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here