Ada Gangguan Internet, Konsentrasi Peserta UNBK di Jambi Buyar

Ada Gangguan Internet, Konsentrasi Peserta UNBK di Jambi Buyar

SHARE
Suasana Ujian Nasional 2015 di SMA Negeri 78 Jakarta (foto: hai-online.com)
Suasana Ujian Nasional 2015 di SMA Negeri 78 Jakarta (foto: hai-online.com)

Jambi – Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi merasa konsentrasi mereka buyar akibat gangguan internet dan pemadaman listrik. Mereka pun kecewa.

Wakil Kepala SMAN 1 Sarolangun, Elizar, pada Selasa (11/4) menjelaskan bahwa pelaksanaan UNBK di sekolahnya pada Senin (10/4) kemarin terganggu karena jaringan internet untuk 25 unit komputer terputus. Insiden itu terjadi saat 20 menit ujian berlangsung yaitu sekitar pukul 08.20 WIB. Akibatnya, 25 siswa peserta UNBK yang berada di satu kelas tersebut tidak bisa melanjutkan ujian. Meskipun demikian, peserta UNBK di dua kelas lainnya tetap bisa melaksanakan ujian sebab jaringan internet komputer mereka tidak terputus.

Elizar mengatakan bahwa dia meminta para siswa untuk tidak kecewa dan bersabar menunggu perbaikan jaringan internet. Dia pun mengklaim jaringan internet hari ini sudah baik kembali sehingga anak-anak didiknya bisa melanjutkan ujian.

Di tempat lain, pelaksanaan UNBK terhambat karena pemadaman listrik dan putusnya jaringan internet. Menurut keterangan Kepala SMAN 8 Batanghari, Amir Husni, pelaksanaan UNBK tahap pertama di SMA tersebut seharusnya dimulai pukul 07.30 WIB. Namun, karena gangguan ini, para siswa terpaksa harus mengerjakan UN mulai pukul 14.00 WIB.

Di SMAN 10 Batanghari, pelaksanaan UNBK juga terganggu padamnya listrik. Para siswa baru bisa mengerjakan soal-soal UNBK pada pukul 09.00 WIB.

Saat meninjau pelaksanaan UNBK di Kota Jambi, Gubernur Jambi, Zumi Zula, mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirim surat kepada PT PLN di Jambi agar tidak memadamkan listrik selama pelaksanaan UNBK.

“Kasihan siswa yang mengikuti UNBK jika listrik padam. Konsentrasi mereka menjadi buyar. Karena itu saya minta pihak PLN di  Kota Jambi dan di daerah kabupaten tidak memadamkan listrik selama UNBK berlangsung,” katanya, dilansir Berita Satu.

Zumi Zola yang memantau pelaksaan UNBK hari pertama di Kota Jambi mengatakan bahwa tidak ada gangguan jaringan internet dan pemadaman listrik di kota itu. Gangguan hanya terjadi di beberapa kabupaten. Dia pun berharap tidak ada lagi gangguan jaringan internet dan listrik hingga UNBK berakhir.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY