Home Berita Pilihan Mantan Ketua PARFI, Gatot Brajamusti, Divonis Delapan Tahun Penjara

Mantan Ketua PARFI, Gatot Brajamusti, Divonis Delapan Tahun Penjara

SHARE
Gatot Brajamusti dan Dewi Aminah
Gatot Brajamusti dan Dewi Aminah

Mataram – Mantan Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Gatot Brajamusti, divonis hukuman delapan tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider tiga bulan kurungan pada Kamis (20/4). Vonis tersebut dijatuhkan dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Kelas IA Mataram.

“Berdasarkan fakta-fakta dalam persidangan, membebaskan terdakwa dari dakwaan primer, dan menyatakan terbukti bersalah dalam dakwaan subsider,” kata Ketua majelis hakim Dr Yapi, dalam putusan persidangannya tersebut, dilansir Berita Satu.

Diketahui, Gatot melanggar Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35/2009 tentang Narkotika. Dia terbukti menyalahgunakan narkotika golongan I jenis sabu-sabu.

Sebelumnya, Gatot dituntut 13 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan. Oleh karena itu, putusan majelis hakim lebih rendah dibandingkan dengan tuntutan jaksa.

Gatot merasa tidak puas dengan vonis penjara yang diberikan majelis hakim. Dia merasa hukuman tersebut terlalu berat sebab dia bukanlah kategori pengedar narkotika.

Menurutnya, banyak teman-temannya yang berprofesi sebagai pengedar narkoba mendapatkan vonis hukuman jauh lebih rendah daripada dirinya. Gatot pun akan berdiskusi dengan pengacara untuk mengajukan upaya hukum lanjutan.

Sementara itu, istri Gatot yang juga turut ditangkap karena kasus yang sama, divonis 18 bulan penjara. Dewi Aminah mendapatkan vonis hukuman lebih rendah dibandingkan tuntutan jaksa yaitu tiga tahun penjara. Terkait putusan tersebut, Dewi juga berencana untuk mengajukan banding.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here