Home Peristiwa Bencana Alam Dua Rumah Rusak Akibat Fenomena Tanah Bergerak di Banyumas

Dua Rumah Rusak Akibat Fenomena Tanah Bergerak di Banyumas

SHARE
Ilustrasi tanah longsor (foto: q13fox.com)
Ilustrasi tanah longsor (foto: q13fox.com)

Banyumas – Fenomena tanah bergerak yang terjadi di Desa Karangkemojing, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, membuat dua rumah warga mengalami kerusakan. Dua rumah tersebut adalah milik warga Grumbul Tipar RT 08 RW 03, Desa Karangkemojing, Kecamatan Gumelar, yang bernama Musedi (63) dan Muslim (32).

Adapun kerusakan rumah Musedi adalah di bagian dinding yang mengalami keretakan. Sementara itu, lantai rumah Muslim retak dengan kedalaman 1,5 meter. Kondisi rumah Muslim saat ini juga menggantung.

Menurut Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC-BPBD) Banyumas, Kusworo, saat memberikan keterangan di Purwokerto, Senin (24/4), bencana tanah bergerak tersebut terjadi pada Senin pukul 03.30 WIB. Fenomena ini terjadi karena kondisi tanah yang labil dan curam ditambah dengan curah hujan tinggi. Luasan area tanah yang bergerak kurang lebih 1,5 hektare.

Menurut Kusworo, selain dua rumah rusak, fenomena tersebut juga mengancam sembilan rumah lainnya. Kesembilan rumah itu berada di bawah lokasi pergerakan tanah.

“Sebelumnya, gerakan tanah juga terjadi pada 7 April 2017,” katanya, dilansir Antaranews.

TRC BPBD Banyumas, anggota Komando Rayon Militer Gumelar, dan perangkat desa setempat telah melakukan pendataan di lokasi bencana. Penangangan terhadap rumah rusak dan terancam gerakan tanah tetap menunggu koordinasi dinas terkait. Kusworo mengimbau kepada warga untuk mengungsi ketika hujan turun. Saat ini, masih banyak retakan di lokasi tersebut sehingga longsor susulan masih berpotensi terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here