Home Berita Pilihan KPAI Awasi Sidang Kasus Pembunuhan Siswa SMA Taruna Nusantara

KPAI Awasi Sidang Kasus Pembunuhan Siswa SMA Taruna Nusantara

SHARE
Suasana di luar gedung sidang (foto: Kompas)
Suasana di luar gedung sidang (foto: Kompas)

Magelang – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengawasi sidang perdana kasus pembunuhan siswa SMA Taruna Nusantara bernama Kresna Wahyu Nurachmad (15) yang diselenggarakan pada Selasa (25/4) di Pengadilan Negeri Mungkid Magelang, Jawa Tengah. KPAI ingin memastikan bahwa sidang berjalan sesuai dengan sistem peradilan anak.

Komisioner Kesehatan dan Napza KPAI, Titik Hariyati, pada sore hari usai sidang mengatakan bahwa KPAI hadir bukan untuk memberi pendampingan melainkan untuk melakukan pengawasan sesuai tupoksi. KPAI mengawasi apakah perlakuan terhadap terdakwa yang masih anak-anak sesuai atau tidak.

KPAI hadir untuk memastikan apakah terdakwa AMR (16) psikologinya dalam keadaan baik atau tidak. Mereka juga mengawasi pemenuhan hak-haknya sebagai anak-anak.

“Persidangan sudah sesuai dengan kebutuhan anak, artinya pada proses sidang sudah melihat bagaimana psikologis anak, diperlakukan dengan baik oleh hakim dan jaksa. Waktunya juga cukup, ada break, dan kondisi anak sehat,” kata dia, dilansir Kompas.

KPAI akan terus memantau persidangan ini sampai terdakwa menjalani masa hukuman. Meskipun menjalani hukuman, hak-hak AMR sebagai anak harus terpenuhi. Salah satu hak tersebut adalah hak dasar pendidikan. Untuk itu, KPAI akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Titik juga mengaku sempat berbicara langsung dengan AMR. Menurutnya, terdakwa bertanggung jawab tinggi dan menyesali perbuatannya. Terdakwa juga mengaku tidak mendapat tekanan selama menjalani proses hukum.

“Bahkan, anak ini secara terus terang ingin bertemu keluarga korban, dia ingin minta maaf. Tapi sejauh ini belum bisa,” katanya.

AMR diduga membunuh Kresna Wahyu Nurachmad pada Jumat (31/3) sekitar pukul 03.30 WIB di graha 17 kamar 2B komplek asrama SMA Taruna Nusantara. Dia menusuk leher Kresna saat korban sedang tidur pulas hingga meninggal dunia karena kehabisan darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here