Home Berita Pilihan Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Dibuang ke Bantargebang

Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Dibuang ke Bantargebang

SHARE
Karangan bunga untuk Ahok-Djarot
Karangan bunga untuk Ahok-Djarot

Jakarta – Ribuan karangan bunga yang ditujukan ke Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat mulai layu dan rusak. Karangan-karangan bunga yang memenuhi taman Jalan Medan Merdeka Selatan di depan Balai Kota ini dibuang ke Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

Sebelumnya, sejumlah karangan bunga dibakar oleh massa yang melakukan aksi buruh 1 Mei lalu. Sebagian karangan bunga lainnya dipindahkan ke Monumen Nasional (Monas).

Untuk mengangkut karangan-karangan bunga tersebut, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan sekitar 20 truk dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat. Sebab, walaupun tidak mengganggu trotoar dan jalanan lagi, karangan bunga yang telah rusak tersebut menumpuk di dalam Monas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, pada Rabu (3/5), mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan arahan dari Sekretaris Daerah untuk mengangkat bunga yang sudah rusak.

“Jadi, karangan bunga yang sudah jelek, sudah bolong-bolong, kami dorong untuk dibuang ke Bantargebang,” kata Isnawa, dilansir CNN Indonesia.

Sebenarnya, Pemprov DKI Jakarta mempunyai rencana untuk menjadikan sisa-sisa bunga tersebut sebagai bahan utama pembuatan pupuk kompos. Namun sayangnya, karena kondisi karangan bunga yang ditumpuk, mereka membutuhkan waktu untuk memilah-milah, memisahkan sterofoam dengan bunga-bunga.

“Kalau bunganya sudah busuk sebenarnya bisa buat bahan kompos. Kami punya rencana menawarkan bunga-bunga ini ke pengelola pembuatan kompos. Tapi karena kondisinya sudah ditumpuk begini, butuh waktu buat memilah, memisahkan sterofoam dengan bunga-bunga itu,” ujar Isnawa.

Jika kondisi sudah tidak memungkinkan, pihak Pemprov DKI Jakarta akan langsung mengangkat karangan bunga beserta sterofoamnya. Menurut Isnawa, ketika masuk Bantargebang, pihak pengelola sampah juga akan memilah sampah antara yang bisa didaur ulang dengan yang tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here