Home Berita Pilihan 50.000 Botol Jamu Ilegal Disita BPOM Sampit

50.000 Botol Jamu Ilegal Disita BPOM Sampit

SHARE
Ilustrasi Jamu Ilegal (foto: Kriminalitas)
Ilustrasi Jamu Ilegal (foto: Kriminalitas)

Sampit – Sebanyak 50.000 botol jamu ilegal disita oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Polda Kalimantan Tengah, dan Polres Kotawaringin Timur. Penyitaan ini dilakukan setelah membongkar tempat pembuatan jamu ilegal di Sampit tepatnya di sebuah gudang di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Saat digerebek, petugas menemukan botol-botol jamu ilegal siap edar. Jamu tersebut dimasukkan ke keranjang dan kardus.

“Jamu ini tidak memiliki izin dan diduga palsu karena informasinya dibuat di sini. Pemilik dan dua karyawannya sudah diserahkan ke Polres Kotawaringin Timur,” kata Penyidik Pegawai Negeri Sipil BPOM Palangka Raya, Shinta Ashia, di Sampit, Kamis (4/5), dilansir Antara.

BPOM menyebutkan bahwa jamu yang diduga ilegal dan palsu tersebut adalah jamu jenis madu klenceng. Meskipun BPOM telah memasukkan jamu tersebut ke dalam daftar jamu berbahaya dan dilarang beredar, nyatanya,  malah sekarang kembali ditemukan bahkan diduga dipalsukan.

Penggerebekan ini dilakukan atas informasi masyarakat yang menyebutkan bahwa jamu penambah stamina pria tersebut banyak beredar di Kotawaringin Timur. Polisi kemudian menelusuri dan akhirnya berhasil membongkar tempat penyimpanan jamu madu klenceng itu.

Menurut keterangan Shinta, distribusi jamu ini diduga sudah sampai luar Sampit. Proses hukumnya akan dikoordinasikan dengan kepolisian sesuai kewenangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here