Home Berita Pilihan Wahid Institute Apresiasi Langkah Pemerintah Membubarkan HTI

Wahid Institute Apresiasi Langkah Pemerintah Membubarkan HTI

SHARE
Hizbut Tahrir Indonesia (foto: http://hizbut-tahrir.or.id_
Hizbut Tahrir Indonesia (foto: http://hizbut-tahrir.or.id_

Jakarta – Pemerintah Indonesia mengambil langkah tegas untuk membubarkan organisasi massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Langkah ini diapresiasi banyak pihak. Salah satunya, Wahid Institute.

“Secara substansi saya setuju. Tapi pemerintah tetap harus memperhatikan prosedur pembubaran ormas seperti diatur dalam UU ormas,” kata Direktur program Wahid Institute, Rumadi, kepada Suara Pembaruan, di Jakarta, Senin (8/5).

Lebih lanjut Rumadi berpendapat bahwa dalam membubarkan HTI, Pemerintah harus menaati prosedur yang berlaku. Jika tidak, HTI bisa saja memperkarakan putusan pemerintah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Pemerintah tidak boleh terkesan sewenang-wenang dalam membubarkan HTI.

Di lain pihak, aktivis antikekerasan, Agus Yohanes, juga mengapresiasi langkah pemerintah memberikan rekomendasi pembubaran HTI. Menurutnya, pembubaran HTI sejalan dengan desakan masyarakat yang menginginkan ketertiban dan keamanan. Kedua faktor tersebut adalah hal yang dibutuhkan untuk menciptakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita menantikan aksi lanjutan pemerintah untuk membubarkan organisasi lain yang memungkinkan mengancam kebhinekaan. Semangat pluralisme harus tetap dikobarkan, sehingga selalu tercipta keamanan dan ketertiban, saling menghormati satu sama lainnya, sehingga perbedaan menjadi sebuah kekuatan,” katanya, dilansir Berita Satu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here