Hasil Hitung Cepat Pilpres Korsel Pastikan Moon Jae-in Gantikan Park Geun-hye

Hasil Hitung Cepat Pilpres Korsel Pastikan Moon Jae-in Gantikan Park Geun-hye

SHARE
Moon Jae-in
Moon Jae-in

Seoul – Kandidat presiden Korea Selatan, Moon Jae-in (64_ memenangkan pemilihan umum berdasarkan hasil penghitungan cepat yang digelar pada Selasa (9/5). Moon mengungguli rivalnya, Hong Joon-Pyo, dengan perolehan suara 41,4%. Dalam penghitungan cepat tersebut, calon konservatif Hong Joon-Pyo hanya mendapatkan suara 23,3%.

Pengamat politik memang telah memprediksi kemenangan calon liberal Moon Jae-in sejak awal. Hasil pemilu ini semakin menunjukkan bahwa warga Korsel lebih memilih calon yang beraliran politik liberal daripada konservatif.

Moon langsung mengadakan konferensi pers di markas partai tak lama setelah hasil hitung cepat diumumkan. Meskipun kemenangan dirinya sudah diprediksi, dia meminta rakyat Korsel untuk “menunggu dengan tenang” hasil resmi yang akan segera diumumkan.

“Jika kita memang menang, saya pikir kemenangan hari ini adalah kemenangan kerinduan. Pertama-tama, ini kerinduan masyarakat yang menyerukan perubahan pemerintahan. Yang kedua ini adalah kerinduan kita untuk mewujudkan kerinduan masyarakat,” katanya, dilansir Berita Satu.

Karir politik Moon Jae-in termasuk penuh warna. Sejak mahasiswa, sekitar tahun 1970-an, dia pernah dipenjara karena memimpin unjuk rasa atas Presiden Park Chung-hee yang juga merupakan ayah dari Park Geun-hye. Dia juga pernah menjadi Kepala Staf Kepresidenan pada masa pemerintahan Presiden Roh Moo-hyun. Selama menjalankan tugasnya, dia dijuluki “Bayangan Roh”.

Pemilihan Presiden Korsel dilakukan dengan segera setelah Presiden Korsel, Park Geun-hye, dimakzulkan. Diketahui, Park diduga menyalahgunakan kekuasaannya untuk membantu kawannya korupsi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY