Situs Polda Riau Diretas, Polisi Segera Cari Pelaku

Situs Polda Riau Diretas, Polisi Segera Cari Pelaku

SHARE
Situs Polda Riau Diretas
Situs Polda Riau Diretas

Jakarta – Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain, akan melaporkan kasus peretasan situs Polda Riau ke Cyber Crime Polri. Situs lembaga tersebut diretas pada Jumat (12/5) sore.

Zulkarnain pun menyatakan bahwa pihaknya akan segera memperbaiki sistem informasi pada situs resmi Polda Riau yang diretas tersebut. Dia mengakui bahwa sebelum diretas situs tersebut tidak menggunakan HTTPS sehingga keamanannya kurang terjaga.

“Iya memang semestinya website kami itu menggunakan HTTPS ya, pake secure itu. Namun, itu mungkin lebih besar biayanya. Karena ada S-nya secure supaya enggak bisa dihack orang,” kata Zulkarnain, dilansir CNN Indonesia.

Selain situs Polda Riau, situs Pengadilan Negeri Negara Kabupaten Jembrana, Bali, serta situs milik media nasional Tempo juga turut diretas.

Terkait insiden peretasan, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Fadil Imran, mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan laporan dari ketiga lembaga tersebut. Meskipun demikian, pihak Bareskrim Polri akan segera menyelidiki dan mencari pelaku peretasan. Pihaknya juga sudah memberikan instruksi kepada instansi-instansi tersebut untuk memaksimalkan konfigurasi teknologi informasi.

“Pengamanan sistem elektronik merupakan hal yang paling kritis dan paling utama untuk mencegah serangan cyber,” kata Fadil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY