Home Berita Pilihan Pabrik Mie Kuning Berformalin Digerebek Satgas Pangan

Pabrik Mie Kuning Berformalin Digerebek Satgas Pangan

SHARE
ilustrasi mie berformalin (foto: liputan6)
ilustrasi mie berformalin (foto: liputan6)

Jakarta – Satgas Pangan Polres Lombok tengah menemukan mie kuning berformalin ketika melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Desa Meteng, Kelurahan Prapen, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (19/5). Aksi pengusutan produsen makanan nakal ini terus dilakukan terutama menjelang Ramadan.

Wakil Ketua Satgas Pangan, Brigjen Agung Setya, pada Senin (22/5) mengatakan bahwa mie tersebut posifit mengandung formalin setelah diujin menggunakan test kit. Setelah pengungkapan ini, pemilik rumah, Komariah (44), diperiksa intensif oleh penyidik.

Tim penyidik juga mengolah TKP untuk menemukan motif yang dilakukan pelaku. Hasil olah TKP menemukan fakta bahwa mie dicampur formalin saat direbus.

“Tujuannya agar mie yang diproduksi tidak cepat rusak atau tahan lama. Barang Bukti yang diamankan, di antaranya, 185 kg mie kuning, satu botol formalin, dan baskom tepung terigu,” kata Agung yang juga Direktur Tipideksus Bareskrim ini, dilansir Berita Satu.

Pelaku pencampur mie dengan formalin dikenakan Pasal 136 huruf (b) UU RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Tim yang berwenang kini sedang memeriksa secara intensif penggunaan mie berformalin tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here