Gempa 6,3 SR Guncang Sukabumi, BPBD Ingatkan Masyarakat Waspadai Gempa Susulan

Gempa 6,3 SR Guncang Sukabumi, BPBD Ingatkan Masyarakat Waspadai Gempa Susulan

SHARE
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)

Sukabumi – Gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) terjadi pada Senin (12/6) pukul 06.15 WIB. Pusat gempa berada di 179 kilometer barat daya Kota Sukabumi tepatnya di kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut berlangsung cukup lama sekitar lebih dari lima detik. Guncangan gempa tersaha hingga ke Kota Bogor.

“Saya pikir Cuma perasaan saya saja. Antara tidur dan tidak, ternyata beneran gempa,” kata Ismi, warga Kedung Halang, dilansir Berita Satu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, mengimbau warga di sekitar pesisir pantai tidak panik. Pasalnya, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Warga di sekitar Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, hingga Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok, diminta tidak terpengaruh isu menyesatkan tersebut.

Meskipun demikian, BPBD meminta warga untuk mewaspadai potensi gempa susulan. Kepala Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi, Yana Rusyana, mengatakan bahwa imbauan BPBD ini dimaksudkan untuk meminimalisasi dampak bencana alam.

Hingga saat ini, pihak BPBD Sukabumi belum menerima laporan adanya kerusakan atau korban.

“Petugas dan relawan kami masih melakukan pendataan dampak pascagempa tersebut tapi hingga kini belum ada laporan kerusakan apalagi korban jiwa,” katanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY