Istri Perdana Menteri Lesotho Ditembak Mati Sebelum Suaminya Dilantik

Istri Perdana Menteri Lesotho Ditembak Mati Sebelum Suaminya Dilantik

SHARE
Tom Thabane dan Lipolelo Thabane
Tom Thabane dan Lipolelo Thabane

Maseru –Lipolelo Thabane (58) ditembak mati oleh penyerang tak dikenal pada Rabu (14/6) malam waktu setempat. Istri Perdana Menteri Lesotho itu ditembak beberapa jam sebelum suaminya dilantik.

Sesuai keterangan juru bicara kepolisian setempat, Clifford Molefe, istri Tom Thabane itu sedang menuju kediamannya bersama seorang teman wanitanya. Dia diserang seseorang tak dikenal ketika berada di Kota Masana, tepat di luar ibukota, Maseru.

Meskipun temannya sudah berusaha membawanya ke rumah sakit terdekat, Lipolelo tewas di tempat kejadian. Belum diketahui apa motif penembakan tersebut. Namun, kejadian ini menimbulkan ketakutan akan gelombang kekerasan politik yang akan terjadi di Lesotho di masa datang.

Lesotho mengadakan pemilihan umum pada minggu lalu. Pemilu ini merupakan yang ketiga dalam lima tahun terakhir.

Konvensi Ali Basotho, pimpinan Thabane, memenangkan 48 kursi parlemen. Sementara itu, Kongres Demokratik Mosisili hanya memenangkan 30 kursi.

Diketahui, Thabane dan istrinya telah hidup secara terpisah sejak tahun 2012. Kehidupan itu dijalani mereka setelah Thabane mengajukan gugatan cerai. Gugatan tersebut telah dikabulkan oleh pengadilan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY