Hutan Pedrograo Grande Terbakar, 62 Tewas

Hutan Pedrograo Grande Terbakar, 62 Tewas

SHARE
kebakaran hutan di Portugal (foto: Reuters)
kebakaran hutan di Portugal (foto: Reuters)

Portugal – Sebuah hutan di kawasan Pedrogao Grande, Portugal, terbakar sejak Sabtu (17/6). Hingga saat ini, musibah ini telah menewaskan 62 orang dan melukai 61 orang lainnya. Para korban tewas kebanyakan karena terjebak di dalam mobil saat akan mengungsi ke tempat lain.

Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa, mengatakan bahwa belum pernah ada tragedi kebakaran yang sedemikian besar. Para korban meninggal hendak mengungsi dari kebakaran yang menghanguskan rumah mereka. Angka korban ini bisa bertambah karena masih ada bangunan-bangunan yang hangus di daerah yang agak terpencil.

Penyebab kebakaran diduga karena ada pohon terbakar akibat disambar petir. Api cepat membesar karena gelombang panas, iklim kering, dan angin yang lumayan kencang. Temperatur saat itu adalah 40 derajat Celsius atau cukup tinggi.

Untuk memadamkan kebakaran hebat ini, lebih dari 260 kendaraan dan 800 petugas pemadam kebakaran dikerahkan. Empat pesawat pengangkut bom air diterbangkan ke atas wilayah kebakaran pada Minggu (18/6) pagi. Pesawat-pesawat tersebut adalah bantuan dari Spanyol. Negara tetangga lainnya, Prancis, membantu dengan mengirimkan tiga pesawat pemadam api. Spanyol dan Italia juga membantu masing-masing dua pesawat pemadam api.

Musibah kebakaran ini membuat Pemerintah Portugal memutuskan untuk menetapkan tiga hari berkabung nasional. Presiden Portugal, Marcelo Rebelo, mengunjungi keluarga korban di Leiria. Aksi ini dia lakukan untuk berbagi duka sebagai sama-sama rakyat Portugal. Dampak lain dari kebakaran ini adalah penutupan sekolah dan penundaan ujian sekolah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY