Home Berita Pilihan Gubernur Papua, Lukas Enembe, Ditetapkan Sebagai Tersangka Pidana Pilkada

Gubernur Papua, Lukas Enembe, Ditetapkan Sebagai Tersangka Pidana Pilkada

SHARE
Lukas Enembe (foto: Antara)
Lukas Enembe (foto: Antara)

Jayapura – Ketua Penyidik Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar, menyatakan bahwa Gubernur Papua, Lukas Enembe, ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana pilkada. Berkasnya telah dilimpahkan ke Kejaksaan setempat.

“Statusnya sudah tersangka dan untuk masalah pencabutan surat pengaduan diperlukan pembicaraan pada Gakkumdu, karena bukan hanya polisi yang ada dalam Sentra Gakkumdu itu,” katanya, Senin (10/7), dilansir Berita Satu.

Sebelumnya, calon bupati Tolikara, Amos Jikwa, melaporkan Lukas Enembe sebagai Ketua DPD Partai Demokrat ke Bawaslu dan Mapolda Papua karena dianggap melanggar kewenangan sebagai Gubernur Papua. Lukas diduga meminta masyarakat memilih pasangan nomor urut 1, Usman Wanimbo (calon bupati petahana)- Dinius Wanimbo. Seruan itu dilakukan Lukas kepada masyarakat di Distrik Kanggime.

Lukas pun telah mengakui hal ini. Kampanye hitam itu dia lakukan di Distrik Kanggime seminggu sebelum pencoblosan. Pilkada Kabupaten Tolikara itu dilaksanakan pada 17 Mei 2017 dan dimenangkan oleh pasangan Usman-Dinius. Meskipun telah mengakui perbuatannya, Lukas menegaskan bahwa kapasitasnya saat berkampanye itu adalah sebagai Ketua DPD Partai Demokrat bukan sebagai seorang gubernur atau wakil pemerintah.

Kasus ini juga sebenarnya telah diselesaikan secara kekeluargaan antara Lukas dan Amos. Usai mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Gubernur Papua di kantor DPD Golkar, Senin (19/6), dia telah bertemu Amos Jikwa untuk menyelesaikan masalah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here