Situs Kabupaten Sukabumi Diretas, Pemda Janji Akan Tambah Webmaster

Situs Kabupaten Sukabumi Diretas, Pemda Janji Akan Tambah Webmaster

SHARE
Ilustrasi peretas
Ilustrasi peretas

Sukabumi – Situs Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, diretas pada Senin (24/7). Saat itu, tampilan situs sudah tidak seperti biasanya. Sehari kemudian, Selasa (25/7), situs tidak bisa diakses. Tampilan situs berubah dan menyertakan pesan dari sang peretas

Hi adm00n – i am comeback to your system. Contact me if you can be safe the system! – kodolande@gmail.com – Pay me and i can teach you close and fix the bug. Thank you adm00n. Pawned by: ./MR.T00ha – Thank you for: ./4chan ./hmei7 ./vezka ./Albert ./Snowden ./mr.R0b0t ./fsociety.

Dari pesan tersebut, diketahui bahwa sang peretas meminta uang tebusan untuk mengembalikan situs seperti sediakala. Namun, Pemkab Sukabumi tidak menggubris ancaman tersebut.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukabumi, Yudi Pancha Yoga, pada Rabu (26/7) mengatakan bahwa tidak ada data yang hilang di situs tersebut. Dia pun mengaku pegawai pemerintah yang berlatar belakang sarjana komputer dan informasi jumlahnya masih belum memadai untuk mengelola situs. Bahkan, belum ada tenaga ahli di bidang web,

“Ke depan mereka akan diikutkan ke pelatihan webmaster untuk bertanggung jawab masalah situs yang ada,” tutur mantan Kabag Humas itu, dilansir Kompas.

Diakuinya, situs Pemkab Sukabumi telah empat kali diretas. Baru kali ini sang peretas meminta uang tebusan agar situs bisa diakses kembali. Tiga kali peristiwa peretasan sebelumnya hanya bersifat mengganggu.

Saat ini, situs resmi Kabupaten Sukabumi menampilkan laman sedang dalam masa perbaikan. Sebuah hitung mundur di situs tersebut menandakan kapan situs akan beroperasi normal kembali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY