Home Berita Pilihan Alasan Keamanan, AS Larang Warganya ke Korea Utara Per 1 September 2017

Alasan Keamanan, AS Larang Warganya ke Korea Utara Per 1 September 2017

SHARE
Otto Warmbier
Otto Warmbier

Washington D.C. – Warga Amerika Serikat dilarang bepergian ke Korea Utara per 1 September 2017 mendatang. Larangan ini diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri AS.

“Paspor AS tidak valid untuk bepergian ke, di, atau melalui Korea Utara. Pembatasan tersebut berlaku 30 hari, dan berlaku untuk satu tahun kecuali diperpanjang atau dicabut oleh Menteri Luar Negeri,” bunyi pernyataan Kemlu AS, dikutip Reuters.

Selain melarang warganya ke Korut, AS juga mengimbau warga AS yang berada di negara Korut untuk segera meninggalkan negara itu sebelum pembatasan perjalanan dimulai pada Jumat, 1 September 2017. Namun, tidak semua warga dilarang pergi ke Korut. Ada sejumlah pengecualian yang diberikan kepada pekerja kemanusiaan dan jurnalis.

“Wartawan, perwakilan Komite Palang Merah Internasional atau Palang Merah Amerika yang melakukan perjalanan ke misi resmi, dan mereka yang bepergian ke Korea Utara untuk pertimbangan kemanusiaan yang mendesak, bisa meminta validasi khusus untuk perjalanan ke negara tersebut,” kata Kemlu.

Pernyataan pelarangan ini sudah dikemukakan oleh AS sejak bulan lalu. Alasan keamanan dan meningkatnya risiko hukuman jangka panjang bagi warga asing menjadi dasar pelarangan ini.

Sebelumnya, mahasiswa AS bernama Otto Warmbier (22) meninggal dunia setelah sebelumnya berkunjung ke Korut untuk berlibur. Alih-alih mendapatkan pengalaman menyenangkan, Otto Warmbier malah dihukum 15 tahun penjara dan kerja paksa setelah dituding bersalah karena menyelundupkan brosur propaganda rezim Kim Jong-un.

Otto Warmbier kemudian mendekam di penjara dan 17 bulan kemudian dipulangkan ke AS dalam keadaan koma. Dirawat selama sepekan di kampung halamannya, Otto Warmbier pun meninggal dunia. Menurut keterangan dokter yang merawat, Otto Warmbier mengalami kerusakan otak parah dan tidak merespon perawatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here