Dinas Pendidikan Jakarta Pusat Wajibkan Sekolah Gelar Imunisasi Campak-Rubella

Dinas Pendidikan Jakarta Pusat Wajibkan Sekolah Gelar Imunisasi Campak-Rubella

SHARE
ilustrasi imunisasi
ilustrasi imunisasi

Jakarta – Semua sekolah di Jakarta Pusat wajib melakukan imunisasi campak-rubella (MR) untuk para siswa sebagaimana diinstruksikan oleh Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Pusat. Kedua penyakit tersebut sangat berbahaya bahkan dapat mengakibatkan cacat permanen atau kematian bagi anak.

“Jadi khusus untuk Jakarta Pusat, kita sudah membuat surat edaran agar sekolah melakukan imunisasi MR kepada seluruh siswanya. Kita dari awal sudah melakukan sosialisasi,” kata Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Pusat, Ida Subaedah, saat berada di SMPN 77, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (3/8), dilansir Berita Satu.

Selama sosialisasi dilakukan, Ida belum pernah menemui sekolah yang menolak menyelenggarakan program imunisasi campak-rubella.

“Alhamdulillah di wilayah saya enggak ada yang menolak. Semua menerimanya. Kan ada empat kecamatan di wilayah dua Jakarta Pusat, yaitu Kemayoran, Cempaka Putih, Johar Baru dan Senen,” ujarnya.

Menanggapi kemungkinan adanya penolakan dari pihak sekolah, Ida mengatakan akan melakukan pendekatan persuasif keapda pihak sekolah dan orang tua murid. Pihaknya tidak akan langsung memberikan sanksi kepada pihak sekolah karena menurutnya pendekatan persuasif lebih efektif dan efisien untuk meredam penolakan.

Adapun target jumlah sekolah yang harus mengadakan imunisasi campak-rubella di Wilayah 2 Jakarta Pusat adlaah 126 SDN dan 19 SMPN. Target imunisasi ini memang hanya sampai anak usia umur 15 tahun sehingga tidak ada SMAN yang diharuskan menggelar imunisasi ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY