Home Berita Pilihan Perusahaan Jamu Legendaris Nyonya Meneer Bangkrut

Perusahaan Jamu Legendaris Nyonya Meneer Bangkrut

SHARE
Nyonya Meneer
Nyonya Meneer

Semarang – Perusahaan Jamu Legendaris Nyonya Meneer dinyatakan pailit alias bangkrut pada Kamis (3/8). Putusan pailit itu keluar dalam persidangan yang dipimpin oleh hakim Nani Indrawati. Dalam amar putusan perkara permohonan pembatalan perdamaian antara perusahaan dan kreditur di Pengadilan Negeri (PN) Semarang itulah, perusahaan yang berdiri pada tahun 1919 ini harus gulung tikar karena tidak sanggup membayar hutang.

Sebelumnya, perusahaan ini digugat pailit oleh kreditur asal Sukoharjo, Hendrianto Bambang Santoso, karena tidak menyelesaikan hutan sesuai dengan proposal perdamaian. Dari total hutang Rp7,04 miliar, Hendrianto hanya menerima Rp118 juta.

“Putusannya pembatalan perjanjian damai antara jamu Nyonya Meneer dengan para kreditur. Inti putusannya dinyatakan pailit,” kata Humas PN Semarang, M. Saenal, kepada detikcom, Jumat (4/8).

Mengetahui kondisi perusahaan Nyonya Meneer yang pailit, Gabungan Perusahaan Jamu merasa prihatin. Ketua GP Jamu, Dwi Ranny Pertiwi Zarman, mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah sebuah musibah yang bisa dialami oleh siapa saja.

“Mudah-mudahan, ada hikmah dari kejadian ini,” kata Dwi, pada Jumat, dilansir Antara.

Meskipun demikian, pailitnya Nyonya Meneer diakui tidak akan berdampak buruk bagi industri jamu nasional lainnya. Dia pun yakin Nyonya Meneer akan kembali berproduksi karena perusahaan tersebut adalah salah satu ikon sejarah jamu Indonesia.

“Harus tetap ada entah bagaimanapun caranya,” ujar Dwi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here