Home Berita Pilihan Lukman Hakim : Full Day School Tak Harus Diterapkan ke Seluruh Sekolah

Lukman Hakim : Full Day School Tak Harus Diterapkan ke Seluruh Sekolah

SHARE
Lukman Hakim Saifuddin (foto: britabagus.com)
Lukman Hakim Saifuddin (foto: britabagus.com)

Yogyakarta – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan bahwa kebijakan lima hari sekolah (full day school) adalah sebuah kebijakan yang tidak bisa dipaksakan untuk diterapkan ke seluruh sekolah. Pernyataan ini dia sampaikan setelah meresmikan Gedung Fakultas Ekonomika dan Bisnis Islam di Universtias Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pada Selasa (8/8).

Kebijakan tersebut, katanya, memberatkan banyak pihak jika benar-benar dijadikan hal yang wajib ditaati seluruh lembaga pendidikan, misalnya di pondok pesantren.

“Madrasah diniyah dan ponpes kita, para kiyai, ulama kita akan sangat berkeberatan karena kebijakan itu akan mempengaruhi sistem pendidikan dan pengajaran yang telah dikembangkan di ponpes selama puluhan tahun,” kata dia, dilansir Antaranews.

Menurutnya, pihak sekolah, siswa, dan wali murid harus diberi kebebasan untuk memilih mengikuti full day school atau tidak.

“Saya kira itu akan lebih arif daripada dipaksakan namun kenyataannya mendapatkan resistensi sangat tinggi,” kata dia.

Lebih lanjut, kebijakan pendidikan yang dimaksudkan oleh pemerintah sebenarnya tidak pernah menekankan harus mengikuti lima hari sekolah. Kebijakan tersebut sebenarnya lebih berfokus pada penguatan pendidikan karakter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here