Home Peristiwa Bencana Alam Gempa 6,5 SR Guncang Barat Daya Tiongkok, 100 Orang Dikhawatirkan Tewas

Gempa 6,5 SR Guncang Barat Daya Tiongkok, 100 Orang Dikhawatirkan Tewas

SHARE
Gempa guncang Sichuan Tiongkok
Gempa guncang Sichuan Tiongkok

Beijing – Gempa mengguncang wilayah barat daya Tiongkok pada Selasa (8/8) malam pukul 21.19 waktu Beijing. Gempa tersebut terdeteksi mengguncang Jiuzhaigou County, Provinsi Sichuan.

Menurut laporan pusat penanganan gempa Tiongkok (CENC), gempa bumi yang mengguncang wilayah tersebut berkekuatan 7 Skala Richter (SR). Namun, catatan berbeda disampaikan oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) yaitu 6,5 SR.

Kantor berita Tiongkok, Xinhua, pada Rabu (9/8) menginformasikan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 20 kilometer di 33,2 derajat Lintang Utara (LU) dan 103,82 derajat Bujur Timur (BT). Versi USGS menyebutkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Diketahui 30 orang luka kritis dan 30 lainnya luka-luka ringan hingga sedang. Sebanyak sembilan orang meninggal dunia. Sebagian di antara korban tewas adalah wisatawan. Badan Penanggulangan Bencana Tiongkok khawatir ada 100 orang yang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

“Saya juga berada di Jiuzhaigou pada tahun 2008 saat gempa besar yang terakhir, jadi saya tahu apa itu. Ini terasa lebih kuat lagi,” kata Tang Sesheng, seorang pemilik restoran, kepada AFP melalui telepon.

Ketika gempa mengguncang, Tang Sesheng langsung melarikan diri keluar dari tempatnya berdiri. Dia mengaku melihat orang-orang keluar dari rumah dan menjauhi bangunan tinggi. Mereka sampai tidak berani menyelamatkan harta benda seperti uang atau pakaian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here