Home Berita Pilihan HUT Pramuka ke-56 di Perkemahan Cibubur Dihadiri Presiden

HUT Pramuka ke-56 di Perkemahan Cibubur Dihadiri Presiden

SHARE
Ilustrasi Anggota Gerakan Pramuka
Ilustrasi Anggota Gerakan Pramuka

Jakarta – Gerakan Pramuka yang dulunya dikenal sebagai Gerakan Kepanduan merayakan hari ulang tahun ke-56 pada hari ini, Senin (14/08). Presiden Joko Widodo turut hadir dalam upacara HUT Gerakan Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur.

Didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Jokowi juga akan meresmikan pembukaan Raimuna Nasional XI. Tahun ini, Raimuna Nasional diikuti oleh 15.000 anggota Gerakan Pramuka dari 34 provinsi di Indonesia. Raimuna Nasional 2017 dijadwalkan digelar mulai tanggal 13 hingga 21 Agustus mendatang dalam bentuk perkemahan besar.

Kegiatan Raimuna Nasional 2017 bertemakan “Pramuka untuk Masa Depan Indonesia.” Kegiatan ini juga dijadwalkan akan dihadiri oleh sejumlah petinggi seperti Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Budi Waseso.

Untuk diketahui, sejarah Pramuka dimulai saat pemerintah resmi menetapkan hari Gerakan Pramuka pada 14 Agustus 1961. Penetapan hari tersebut ditandai dengan pelantikan anggota Majlis Pimpinan Nasional, Kwartir Nasional, dan Kwamari oleh Presiden Soekarno. Pelantikan dilakukan di Istana Negara di Jakarta. Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia kepada Ketua Kwartir Nasional saat itu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here