Home Berita Pilihan Bareskrim Polri Ungkap Sindikat Penyebar Hoax, Saracen

Bareskrim Polri Ungkap Sindikat Penyebar Hoax, Saracen

SHARE
Tersangka Sindikat Penyebar Ujaran Kebencian Saracen
Tersangka Sindikat Penyebar Ujaran Kebencian Saracen

Jakarta – Bareskrim Polri mengungkap adanya sindikat yang menyebarkan konten ujaran kebencian dan SARA bernama “Saracen”. Sindikat tersebut menjalankan aksinya berdasarkan pesanan dan semata-mata hanya karena alasan ekonomi.

“Mereka ini menerima pesanan jasa membuat dan punya inisiatif itu. Saling membutuhkan,” ujar Kepala Sub Bagian Operasi Satuan Tugas Patroli Siber pada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Susatyo Purnomo di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (23/8), dilansir Kompas.

Sindikat ini mempunyai grup di Facebook. Untuk membesarkan grup tersebut, mereka membutuhkan biaya untuk menyewa hosting, membuat website, dan hal-hal yang terkait dengannya. Berita-berita palsu dan pesanan orang mereka sebarkan melalui situs yang mereka buat sendiri yaitu saracennews.com.

Isi situs tersebut kebanyakan berupa pencemaran nama baik kepada pejabat publik atau tokoh masyarakat. Polisi masih mendalami siapa saja yang memesan konten untuk diunggah di situs Saracennews dan grup Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here