Home Berita Pilihan BMKG Minta Masyarakat Waspadai Angin Kencang

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Angin Kencang

SHARE

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika meminta masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara untuk mewaspadai angin yang cukup kencang.

Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi BMKG, Hary Tirto Djatmiko, dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas yang diterima Minggu (27/8) mengatakan bahwa pada musim kemarau biasanya akan terdapat pola pergerakan massa udara dan angin dari arah Australia. Hal ini terjadi karena tekanan udara di wilayah Australia lebih tinggi daripada di wilayah Asia.

“Selisih tekanan udara yang cukup besar meningkatkan dan menguatkan tarikan massa udara dan kecepatan angin di sekitar Indonesia, terutama di sebelah selatan khatulistiwa Indonesia seperti Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara,” ujar Hary, dilansir Kompas.

Angin yang akan berembus diperkirakan berkecepatan antara 15-30 knots. Kecepatan itu setara dengan 30-55 kilometer per jam. BMKG memperkirakan bahwa fenomena ini akan terjadi dua hingga tiga hari ke depan. Hary mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap dampak angin kencang ini seperti menghindari papan reklame, baliho, dan pohon karena berpotensi roboh. Dia juga mengingatkan para pengguna jasa transportasi laut agar mewaspadai potensi gelombang tinggi air laut.

Sebelumnya, Hary mengabarkan bahwa musim kemarau tahun ini normal, tidak sekering tahun 2015 atau sebasah tahun 2016 silam. Bulan Agustus adalah puncak musim kemarau 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here