Home Dunia Asia Pasifik Jepang Dilintasi Rudal Korea Utara, Ini Tanggapan PM Shinzo Abe

Jepang Dilintasi Rudal Korea Utara, Ini Tanggapan PM Shinzo Abe

SHARE
Barack Obama dan Shinzo Abe (foto: Gedung Putih)
Barack Obama dan Shinzo Abe (foto: Gedung Putih)

Jakarta – Juru bicara Pentagol, Kolonel Angkatan Darat Rob Manning, menginformasikan bahwa ada rudal yang terbang di atas daratan Jepang pada Selasa (29/8). Rudal tersebut diketahui diluncurkan oleh Korea Utara pada pukul 5:57 waktu setempat.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyatakan akan mengambil langkah penuh untuk memastikan bahwa warganya aman usai peristiwa tersebut.

“Kami akan segera mengumpulkan dan menganalisis detail dan pemerintah akan mengambil langkah penuh untuk melindungi nyawa warga Jepang,” kata Perdana Menteri Shinzo Abe, dikutip AFP, Selasa (29/8).

Rudal tersebut diluncurkan dari Sunan, Pyongyang, ke arah timur dari Semenanjung Korea. Menurut Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, rudal tersebut terbang melalui Tanjung Erimo di Hokkaido, Jepang. Lebih lanjut, dia menginformasikan bahwa “rudal balistik tak dikenal” itu diperkirakan jatuh di Samudra Pasifik, sekitar 1.180 kilometer di timur Tanjung Erimo.

Menurut Suga, peluncuran rudal itu adalah ancaman paling serius dan mengerikan untuk warga Jepang sebab rudal itu melewati wilayah udara Jepang. Peluncuran rudal itu juga dianggap melanggar resolusi PBB.

“Kami tidak bisa mentoleransi provokasi berulang yang dilakukan Korut ini. Kami mengecam keras,” lanjut Suga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here